Tuesday, April 12, 2016

Seleksi Beasiswa Turki

Jembatan Galata dan Galata Tower di Istanbul

Beasiswa Turki adalah beasiswa yang tidak terlalu banyak seleksi dan juga tidak terlalu sulit. Untuk seleksi hanya ada dua tahap, seleksi online lalu jika lulus akan ada seleksi wawancara.

1. Seleksi Online

Seleksi online dilakukan di web : www.turkiyeburslari.gov.tr. Biasanya dimulai ketika akhir bulan Februari dan berlangsung hingga awal April. Untuk persyaratan yang harus dilengkapi untuk aplikasi online :

a. Kartu Identitas (Paspor/KTP/Akta).
b. Transkrip (Untuk SMA dari semester 1 hingga 6 dijadikan transkrip menjadi satu lembar - diusahakan berbahasa inggris.
c. Diploma (Ijazah).
d. Untuk SMA SKHUN.
e. Surat rekomendasi.
f. Sertifikat berprestasi (jika ada)
g. Sertifikat kemampuan bahasa/TOEFL (jika ada)

***Semua berkas ini harus discan.

Tahapan pengisian online :

a. Pembuatan akun online, menggunakan email.
b. Verivikasi online melalui email.
c. Pengisian aplikasi.
d. Upload berkas yang dibutuhkan (berupa pdf/jpg/png)
e. Pengisian letter of intent (biasanya ada pertanyaan yang harus dijawab, seputar jurusan yang akan dipilih, alasan memilih Turki dan rencana setelah lulus)
f. Memilih jurusan dan universitas (bisa memilih hingga 12 universitas dan jurusan)
g. Submit.

2. Wawancara 

Setelah submit dan menunggu sekitar 1 bulan, biasanya akan ada email pemberitahuan apakah aplikasi kita lolos untuk ke wawancara atau tidak. Jika lolos maka akan dikirim waktu dan tempat wawancara. Untuk jawa biasanya diadakan di Kedubes Turki (Jakarta) dan untuk yang luar jawa biasanya di Aceh.

Untuk wawancara biasanya akan ditanya seputar perkenalan diri, prestasi dan riwayat pendidikan. Selain itu, yang jelas dipersiapan adalah wawancara seputar jurusan, kemampuan di jurusan yang dipilih, alasan memilih Turki dan tentunya rencana setelah lulus. Wawancara menggunakan bahasa Inggris.

Dan yang perlu diketahui juga, bahwa untuk wawancara harus membawa semua bukti berkas yang sudah diupload di aplikasi online, juga bukti prestasi lain yang bisa membuat nilai plus. 

Begitulah tahapan tes untuk beasiswa Turki, tidak begitu sulit dan ribet. Untuk tips pengisian online bisa disimak di :

........

12 comments:

  1. Ikut tanya kan,waktu pendaftaran itu un belum diselanggarakan jadi skhun blum bisa keluar bagaimana?

    ReplyDelete
  2. Ikut tanya kan,waktu pendaftaran itu un belum diselanggarakan jadi skhun blum bisa keluar bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nanti di sistem aplikasinya bisa milih kalau semisal pendidikannya masih berlanjut. Biasanya akan dikasih opsi sampai bulan apa gitu. Jadi ga perlu pakai UN.

      Delete
  3. apakah semua data yang diapload diaplikasi online harus diterjemahkan kedalam bahasa inggris ? atau bisa tidak terjemahkan ?

    ReplyDelete
  4. kalau g`ada ijasah buat alumni gontor bukan ijasah negara bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga. Setau saya ada teman gontor juga yang lolos beasiswa turki.

      Delete
  5. Halo kalau misalnya daftar beasiswa ini langsung sekaligus masuk universitasnya kan ya? Sedangkan di univ masing2 ada ketentuan khusus misalnya harus ambil tes masuk univ masing2nya itu. Nah kalau siswa yang mendaftar lewat burslari dan diterima menjadi penerima beasiswa ini apakah harus ikut mengambil ujian masuk univnya juga? Terima kasih banyak sudah berbagi :) ditunggu jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu, karena kalau otomatis lulus di turkiye burslari maka lulus di univ tsb. Jadi ini ujiannya hanya berkas dan wawancara itu.

      Delete
  6. Kalau untuk beasiswa s2 jurusan filsafat islam ada atau tidak yah di turky? Kalau ada, dimana dan bagaimana sistematika pendaftarannya untuk tahun 2017 ini? Makasih

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum, mau nanya, kalo kk kemaren itu kk terjemahin ngk semua dokumen nya? Trus kk masukin sertifikat toefl ngk?

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum.. untuk surat preferensi itu apakah perlu ada cap dari sekolah?
    terimakasih.. ditunggu jawabanya :)

    ReplyDelete