Monday, April 11, 2016

Profil YTB - Penyelenggara Beasiswa Pemerintah Turki



Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan Turkiye Scholarships biasa disebut Beasiswa YTB. Nah, sebenarnya apa itu YTB ? Dan apa kepanjangannya ? Disini akan diulas Profil YTB, yaitu penyelenggara beasiswa Turki.

YTB merupakan singkatan dari : Yurtdışı Türkler Ve Akraba Topluluklar Başkanlığı (Bagian urusan orang-orang Turki yang di luar negeri dan kelompok-kelompok kerabat) Yang langsung dibawah Perdana Menteri.

YTB ini diresmikan pada 6 April 2010, dengan tujuan untuk mengkoordinatori urusan bagian warga negara Turki yang di luar negeri. Biasanya tentang pemilu Turki di luar negeri, masalah pendidikan warga negara Turki di luar negeri dan lainnya.

Kemudian akhirnya untuk pertama kalinya pada tahun 2012, Lembaga ini berwewenang untuk memegang urusan beasiswa pemerintah Turki, yang sebelumnya dipegang oleh Kementrian Pendidikan. Maka dari itu, urusan beasiswa Turki untuk orang asing diselenggarakan oleh lembaga ini.

Selain memberi beasiswa kepada orang asing untuk belajar di Turki, YTB juga mengadakan acara seminar akademik untuk para penerima beasiswa, kemudian acara perkenalan budaya dan simposium internasional. Selain itu, YTB juga memberi beasiswa khusus kepada warga negara Suriah untuk belajar di Turki. Dan juga beasiswa berprestasi selama setahun kepada orang asing yang belajar di Turki tanpa beasiswa. 

Kantor YTB ini berada di Ankara, dan sudah membuka cabang di Izmir dan Trakya (Edirne).
Alamatnya sebagai berikut :

1. Ankara : Adres: Oğuzlar Mah. Mevlana Bulvarı No: 145 P.K: 06520 Balgat - ANKARA - TÜRKİYE

2. Izmir : Adres: Fevzi Paşa Bulvarı No:2 P.K: 35250 Konak - İZMİR - TÜRKİYE

3. Edirne : Adres: Çavuşbey Mahallesi Hükümet Caddesi No: 19/A P.K: 22000 Merkez - Edirne - TÜRKİYE

Untuk video perkenalan YTB ini bisa langsung di lihat : (Namun menggunakan bahasa Turki)


0 comments:

Post a Comment