Tuesday, April 12, 2016

Kuliah di Turki ? WHY NOT ?


Kuliah di Turki merupakan kesempatan yang tidak bisa didapat semua orang, nah berikut adalah salah satu alasan yang bisa menjadi motivasi untuk yang masih ragu untuk kuliah di Turki :

1. Kuliah rasa Eropa tapi budaya tetap Asia.

Jika masih bilang tidak ada negara Eropa yang sudah tidak punya ada ketimuran, maka anda salah besar. Turki adalah jawabannya, Turki merupakan negara Eropa yang masih punya adab-adab ketimuran. Maka jika Anda ingin berkuliah dengan rasa Eropa, mulai dari sistem pendidikannya hingga fasilitasnya, namun masih bermoral dan bernuanasa Asia maka Turki adalah pilihannya. 

2. Bisa ikutan Erasmus (Students Exchange ke negara Eropa)

Salah satu kelebihan kuliah di Turki juga adalah bisa mengikuti program pertukaran pelajar ke negara Eropa (Erasmus). Dengan mendaftar program Erasmus (dengan syarat TOEFL/Tes kemampuan bahasa Inggris dan nilai GPA) maka kita bisa mengikuti program pertukaran pelajar ke Eropa. Bisa ke Jerman, Prancis, Belanda, Pollandia dan negara Eropa lain sesuai dengan kerjasama masing-masing universitas. 

3. Bisa jalan-jalan ke seluruh kota di Turki yang mengagumkan.

Yang juga tak kalah menggiurkan tentunya adalah bisa mengunjungi kota-kota di Turki yang mengagumkan. Kota-kota di Turki memiliki sejarah yang khas dan bagus, selain itu banyak sekali tempat wisata di setiap kota yang bisa kunjungi jika kita belajar di Turki. Selain itu banyak sekali museum-museum bersejarah Turki yang gratis untuk pelajar di Turki. Banyak juga lembaga kepemudaan Turki yang sering mengajak orang asing yang belajar di Turki untuk berkeliling Turki untuk melihat budaya Turki dan tentunya tanpa dipungut biaya alias GRATIS.

4. Turki memiliki universitas yang tidak kalah dengan negara Eropa.

Turki memiliki universitas yang masuk ke rangking 300 dunia, yaitu Koc University dan BilkentUniversity. Universitas tersebut bisa menjadi pilihan terbaik untuk bisa kuliah di Turki. Walaupun universitas tersebut merupakan universitas swasta. Untuk rangking di Turki sendiri bisa di klik :


5. Adanya beasiswa Turki.

Yang tentunya menjadi alasan untuk berkuliah di Turki adalah adanya beasiswa Turki yang menjamin full beasiswa bagi seluruh mahasiswa asing seluruh dunia dengan seleksi yang tidak begitu ribet. Namun yang tanpa beasiswa pun biaya kuliah tidak terlalu mahal, bahkan sama dengan di Indonesia.

6. Pengalaman belajar di luar negeri.

Belajar di luar negeri merupakan kesempatan yang tidak bisa didapat oleh setiap orang. Maka dengan bisa belajar di Turki merupakan kesempatan berharga. Dan tentunya kesempatan itu adalah untuk survive dengan jauh dari orang tua, kemudian bertemu dengan budaya baru dan pastinya itu semua akan menambah pengalaman berharga bagi diri kita.

Sekian alasan kenapa harus berkuliah di Turki, walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa ada universitas di Turki yang juga tidak lebih baik dari universitas di Indonesia, lalu kesempatan berorganisasi yang minim di Turki yang juga bisa menjadi nilai minus. Namun siapa takut untuk kuliah di Turki, jadi kuliah di Turki ? Why Not ?




5 comments:

  1. Kalau mengenai waktu masa study nya berapa bulan yah per semester? Dan libur kukiahnya bulan apa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persemester aktifnya 4 bulan. Biasanya libur hampir 2 bulanan. (ditambah kosong ketika masa ujian). Untuk libur ketika musim dingin sama musim panas. ketika musim panas 3 bulan (juni juli agustus)

      Delete
  2. Jadi top blog ttg info beasiswa turki ni sepertinya blog. benar bnyk informasi dan wawasan ttg beasiswa turkinya. saya kebetulan menemukan blog ini pas cari universitas terbaik di turkinya. saya lagi cb apply beasiswanya yg skrg lagi buka juga ni mas.

    Tolong bantuanya untuk dhsring mas. prtnyaan2 saya. saya coba kirim lwt email saja ni mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget mas. Btw makasih ya. masih banyak yang perlu dibagi aslinya, cuma karna sibuk banget gabisa rawat blognya. kirim email saya juga bisa. komen disini juga bisa :)

      Delete
  3. kak, apply beasiswa di turkiyeburslari itu dah sama daftar univnya sekalian atau cuma daftar beasiswanya doang?

    ReplyDelete