Sunday, April 10, 2016

UNIVERSITAS TERBAIK DI TURKI (bag. 1)

Turki merupakan negara yang memiliki sistem pendidikan yang baik, dan sudah berstandar Eropa. Maka dari itu, belajar di Turki merupakan kesempatan berharga yang memang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Untuk yang masih bingung, ketika mau mendaftar Universitas luar negeri. Turki merupakan salah satu pilihan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berikut adalah 10 Universitas di Turki menurut rangking yang diupdate untuk tahun pelajaran 2015-2016, untuk berita selengkapnya bisa langsung ke link : http://www.cnnturk.com/universiterehberim/.

1. Middle East Technical University (METU) / Orta  Doğu Teknik Üniversitesi (ODTÜ) (http://www.metu.edu.tr/)


Univesitas ini berada di ibukota Ankara dengan memiliki 5 Fakultas : Arsitektur, Ilmu Sains dan Sosial, Ekonomi dan Ilmu Administrasi, Pendidikan dan tentunya Fakultas Teknik. Bahasa pengantar yang dipakai adalah full Bahasa Inggris dengan ada persiapan kelas bahasa Inggris selama setahun untuk yang tidak memiliki TOEFL/tes kemampuan bahasa Inggris. Jurusan favorit di Univesitas ini adalah jurusan teknik. Dan merupakan universitas di Turki yang memiliki jurusan teknik terbaik. Selain itu banyak sekali mahasiswa asing dari belahan dunia yang belajar di universitas ini.

2. Hacettepe University (http://hacettepe.edu.tr/english/)


Universitas ini juga terletak di ibukota Ankara. Universitas yang diresmikan pada 1967 ini sekarang sudah memiliki 14 fakultas. Fakultas favorit di Universitas ini adalah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Sains. Selain itu memiliki Fakultas Kedokteran terbaik di Turki, Universitas ini juga memiliki Rumah Sakit yang juga terbaik. Untuk bahasa pengantar yang dipakai di Universitas ini adalah ada sebagian jurusan yang memakai bahasa Inggris, namun kebanyakan jurusan memakai bahasa Turki.

3. Istanbul University (http://www.istanbul.edu.tr/en/)


Sesuai namanya, Univesitas ini berada di Kota Istanbul dan merupakan universitas tertua di Turki karena cikal bakalnya sudah dimulai ketika penaklukan Konstantinopel (Istanbul) pada 1453. Universitas yang memiliki fakultas paling banyak di Turki (22 Fakultas) ini menjadi salah satu universitas favorit baik bagi orang Turki maupun orang asing. Dan fakultas yang paling menonjol untuk universitas ini adalah fakultas Sosial seperti jurusan sejarah, hukum, dan politik, fakultas Teologi Islam dan tentunya fakultas kedokteran yang juga merupakan fakultas kedokteran terbaik di Turki. Bahasa pengantar yang dipakai di universitas ini adalah full bahasa Turki dengan dosen-dosen dan pengajar yang sangat mumpuni dalam bidangnya.

4. Ankara University (http://en.ankara.edu.tr/)


Universitas Ankara merupakan Universitas yang pertama kali diresmikan setelah kemerdekaan Turki. Universitas ini memiliki 15 Fakultas, dengan Fakultas hukum, Fakultas politik, Fakultas Bahasa Sejarah dan Geografi, Fakultas Teologi Islam dan Fakultas Pertanian sebagai Fakultas pilihan. Namun selain itu, Universitas ini juga memiliki Fakultas Kedokteran yang juga baik dan tentunya rumah sakit yang bagus. Selain itu universitas ini memiliki lembaga TOMER (kursus bahasa Turki) nomer wahid dan sudah membuka cabang di seluruh penjuru Turki. Untuk bahasa pengantar yang pakai di universitas ini adalah Full Bahasa Turki walaupun ada beberapa jurusan yang sudah menerapkan 30% bahasa Inggris. 


5. Istanbul Technical University (http://www.itu.edu.tr/en/)


Universitas yang berada di Istanbul ini memiliki 13 Fakultas yang semuanya adalah fakultas teknik. Dan merupakan universitas teknik terbaik kedua setelah METU. Untuk Fakultas yang paling favorit adalah Fakultas Elektronik dan Fakultas Mekanik. Untuk Bahasa pengantar yang dipakai di universitas ini adalah bahasa inggris.

(bersambung)

4 comments:

  1. mau tanya universitas yang ada jurusan ekonomi islam apa saja?

    ReplyDelete
  2. Selamat malam.. Perkenalkan saya iip hanifah mahasiswa fisika S1. Saya tertarik untuk lanjut kuliah S2 ke turki. Dan saya berencana untuk ngambil fisika material. Kira kira universitas mana yang cocok ya dan ada jurusan fisika murninya khususnya di bidang materialnya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat dan membantu. Untuk yang ingin tahu Cara Menebalkan Uang Saku untuk mahasiswa ,coba dilihat ya.

    ReplyDelete